Selasa, 05 Februari 2013

Natal Sangtorayan Yogyakarta






             Natal Sangtorayan Yogyakarta adalah sala satu kegiatan rutinan masyarakat Toraja yang ada di Yogyakarta. Natal untuk tahun 2012 yang diselenggarakan di Jl. Kaliurang Aula Panti Paroki Banteng pada (27/01) terselenggara berkat kerjasama antara KTY (KeluargaToraja Yogyakarta), IKAPMAJAYA (Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Yogyakarta) dan partisipan dari berbagai persekutuan serta beberapa pihak yang kemudian bersatu dalam kepanitian natal sangtorayan yogyakarta. Natal 2012 ini dihadiri kurang lebih 400an masyarakat Toraja Yogya, undangan dari IKAT Semarang dan persekutuan mahasiswa Toraja Salatiga.
             Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara natal tahun ini dikemas sangat berbeda. Natal tahun ini menjadi natal bersama seluru masyarakat Toraja di Yogyakarta tanpa membeda-bedakan asal gereja, dari persekutuan mana tak terkecuali mahasiswa-mahasiswa Toraja yang pada tahun-tahun sebelumnya menyelenggarakan natal terpisah dengan Keluarga Toraja Yogyakarta, dan hal ini sangat menumbuhkan kebersamaan dan kekompakan masyarkat Toraja di Yogya. Dengan diawali persembahan lagu Toraja dari band mahasiswa Toraja di Yogyakarta membuat suasana Toraja lebih terasa. Dilanjutkan dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh Romo Aidan yang menekankan tentang bagaimana Allah Telah Mengasihi Kita demikian pula kita masyarakat Toraja harus saling mengasihi ditanah rantau ini, seperti pada subtema natal kita yaitu Anta tontong sialamase, sipakaboro’ siben petawa mammi’ susi Puang mangka ungkamaseiki’.
             Hingga penghujung acara, IKAPMAJAYA kembali menghibur dengan menampilkan pa’gellu yang kemudian sangat memeriahkan suasana natal. Pa’ gellu’ yang ditampilakan dengan durasi 12 menit ini tidak membuat para hadirin dan undangan jenuh untuk menyimaknya, dan hal ini menunjukkan bahwa betapa kita masyarakat Toraja sangat merindukan Tondok Toraya sebagai kampung kita. Bpk. Hendrik Panggalo sebagai ketua panitia menyebutkan bahwa natal ini menjadi momen yang sangat membahagiakan karena dapat mempertemukan kita dari yang paling anak-anak, mahasiswa hingga yang tertua yang dari dulu sibuk mengait rejeki di Yogyakarta ini bisa berkumpul bersama kembali dan sama-sama merayakan natal untuk kemudian lebih mengakrabkan kita satu dengan yang lain, dan yang terpenting kita semua dapat mengingat dan merindukan bersama-sama Tondok Toraya Tondok Kadadianta. Mahasiswa adalah aset terpenting kita selaku masyarakat Toraja tutur Bpk. Cornelius Guling selaku Ketua KTY setelah mengikuti seluru persiapan hingga terselenggaranya natal ini. Harapan saya semoga natal tahun 2013 dapat kita selenggarakan dengan lebih baik lagi dan dapat mengundang seluru persekutuan Toraja yang ada di tanah Jawa ini sehingga keakraban kita dengan masyarakat Toraja di luar Yogyakarta dapat terjalin dengan baik pula, tambah Cornel.
Sumber: https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.416762798401740&type=1

0 comments:

Posting Komentar