Selasa, 27 Mei 2014

Evelen Besthari Pongsibidang Presiden Mahasiswa UKDW

Biodata

Nama : Evelen Besthari Pongsibidang

Alamat Asal: Jalan Buntu Tagari, No. 34, Tallunglipu

Alamat di Yogyakarta: Jalan Iromejan, Gondokusuman

Jejaring Sosial: Facebook: Evelen Besthari, Twitter: @evelenbesthari

SMA: SMA Kristen Barana’ Rantepao-Toraja Utara

Hobi: Dengar Musik dan Nonton Film

“Do The Best Selalu Agar Hasilnya Maksimal”

Evelen Besthari Pongsibidang yang akrab dipanggil Elen adalah Presiden Mahasiswa UKDW tahun 2014. Elen menjadi tokoh utama Badan Eksklusif Mahasiswa Universitas (BEMU) untuk saat ini. BEMU merupakan lembaga tertinggi organisasi kemahasiswaan dan membawahi semua UKM di UKDW. Ketika ditemui Koran Kampus (2/4) Elen mengungkapkan motivasinya menjadi Presiden adalah agar bisa melayani, dengan menjadi Presiden maka bisa melayani kampus, mahasiswa, dan masyarakat melalui aksi sosial seperti penggalangan dana korban alam gunung Sinabung. Sebelum mencalonkan diri menjadi calon Presiden Mahasiswa tahun 2013, Elen sempat ragu, tapi dukungan dan nasehat orang terdekatnya membuatnya percaya diri mencalonkan diri. “Mengapa saya tidak mencoba mencalonkan diri?,” ujarnya.

Elen yang sempat menjadi wakil ketua osis dan ketua osis SMA Barana’ Rantepao mengungkapkan kegiatan BEMU sangat banyak dan sekali-kali ada rapat dadakan.  Terkadang ada diskomunikasi dengan teman-teman di BEMU, untungnya mereka terbuka dan segera mengatasi masalah bersama-sama. Sejak tahun 2012, Elen telah bekerja part time di pojok Bursa Efek Indonesia UKDW (BEI UKDW). Bekerja di pojok BEI sesuai dengan jurusan Akuntansi yang dia jalani sekarang, hal tersebut menambah banyak pengetahuannya tentang saham.

Awal menjadi Presiden, Elen sempat tidak mampu membagi waktu dengan baik dikarenakan masih harus membiasakan diri dengan kegiatan kemahasiswaan. “Membagi waktu antara BEMU dan kerja kelompok itu susah, teman-teman sekelompok terkadang komplain dengan tugas. Untungnya teman-teman dekat mengerti dengan posisi saya,” ungkapnya. Walaupun sibuk berorganisasi dia tetap memprioritaskan tugas. Kalau misalnya ada tugas kuliah yang harus dikerjakan, dia tidak ragu membatalkan rapat. Kedua orang tuanya memberi pesan supaya kuliah dengan benar. “Ya, let it flow aja sih, kalau terlalu banyak mikir bisa jadi stres” lanjutnya sambil tertawa.

Melalui BEMU ini Elen mendapat 3 pelajaran penting. Pertama, mengenai public speaking. Dia mengakui sewaktu SMA, dia termasuk orang yang sedikit gagap ketika berbicara, memberikan sambutan harus dipersiapkan terlebih dahulu, sekarang dia bisa berani spontan berbicara di depan banyak orang.  Awal masuk kuliah pun dia orang yang tidak banyak berbicara. Ke-2, Elen mampu mengambil keputusan jauh lebih baik, dibanding sebelum menjadi bagian dari BEMU. Ke-3, mendapat banyak keluarga baru. “Sekarang makin banyak teman baru dan bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki posisi tinggi di UKDW seperti Rektor,” ujar Elen yang mengagumi gaya kepemimpinan Jokowi karena merakyat dan sosialis.

Dalam kesehariannya, Elen sangat suka mendengarkan musik. Terutama lagu yang memiliki lirik penyemangat, memberikan inspirasi baginya. Ketika mengerjakan sesuatu dia selalu berusaha do the best. Prinsip tersebut juga dia praktekkan di BEMU dan tidak memikirkan pendapat orang lain. “Inilah BEMU dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” ketika menjawab pertanyaan.

Elen berharap kinerja BEMU jauh lebih dari tahun-tahun sebelumnya. “Aku terharu dan bangga, rekan-rekan BEMU sekarang lebih kompak, mengerjakan sesuatu bareng-bareng” ungkapnya. Baginya membangkitkan BEMU itu sangat penting, BEMU FEST harus diadakan kembali. BEMU kedepannya akan lebih banyak melakukan aksi sosial untuk lingkungan hidup dan kemanusiaan di panti asuhan.

Foto kegiatan Evelen Besthari Pongsibidang











Penulis: Patrianto Galugu
Tulisan di atas sepenuhnya adalah hak cipta Koran Kampus UKDW, IKAPMAJAYA telah mendapat ijin dari Koran Kampus UKDW untuk memposting tulisan tersebut.


0 comments:

Posting Komentar